Thursday, June 27, 2013

Kapten Chubby reporting for duty

Tiga minggu yang lalu saya bertemu dengan +Ario Saptomo dari Allianz Indonesia. Allianz sedang bekerjasama dengan IndoRunners untuk program AVR (Allianz Virtual Run), yaitu perlombaan adu banyak kilometer lari secara virtual melalui situs endomondo. AVR memberikan insentif/hadiah bagi para peserta dengan kilometer lari terbanyak, di berbagai kategori.

Di kesempatan tersebut, Ario sedang minta input saya mengenai program AVR Newbie Runners Challenge, di mana format nya adalah seperti acara kontes nyanyi The Voice. Allianz akan memilih 10 Kapten (atau coach kalau di The Voice) yang masing-masing akan recruit pelari pelari baru, untuk di semangati dan di berikan tips lari, dan mengumpulkan kilometer bersama. 

Kapten dengan Team yang menghasilkan Kilometer terbanyak akan mendapatkan tiket dan biaya akomodasi untuk berpartisipasi di Penang Bridge Marathon Malaysia di bulan November. Selain itu, dua AVR Newbie Runners yang menghasilkan Kilometer terbanyak juga akan mendapatkan all-expense-paid trip ke Penang Bridge Marathon tersebut (pemenang tidak harus ikut lomba Full Marathon, dan bisa pilih kategori 10K ataupun Half Marathon).

Allianz cukup all-out dengan program ini. Selain kampanye sosmed dan adwords yang (katanya) sampai ke ESPN, setiap kapten mendapatkan full admin support selama program berjalan, termasuk pembuatan Facebook Group untuk berinteraksi dengan para newbie runners, about.me webpage, dan lain lain.

Tugas terpenting setiap Kapten adalah untuk membagi tips lari berlari yang aman, dan menyemangati para recruits untuk berlari lebih banyak selama masa 'lomba,' yaitu tanggal 21 Juli s/d 6 Oktober 2013.

Pendek ceritanya, Mas Ario minta saya menjadi salah satu dari 10 Kapten program Allianz Virtual Run: Newbie Runners Challenge. Karena saya akan mulai training untuk The Jakarta Marathon (27 Oktober 2013), dan juga sedang berusaha menggalang new runners untuk ikut berpartisipasi di program LUAS (Lari Untuk Amal Sosial), saya pun menyanggupi tawaran tersebut.

Sebagai catatan, saya tidak dibayar untuk partisipasi di program ini. Kepuasan yang saya dapatkan adalah saat program ini berhasil "menularkan virus lari" dengan impact dan reach yang lebih luas lagi, sesuai dengan misi IndoRunners.



Bagi yang ingin bergabung dengan team Kapten Chubby, berikut sedikit latar lari berlari saya.

TAHUN 2011:
  • Sepanjang tahun, lari kurang dari 90 km (rata-rata 7 km PER BULAN)

TAHUN 2012:
  • Total Kilometer lari di tahun 2012 = 1,680 km++

TAHUN 2013:
  • Launching program IndoRunners LUAS (Lari Untuk Amal Sosial), mencoba ikutan kontribusi untuk Indonesia yg lebih sehat dan sehati. Tahap pertama LUAS (30 Mei - 30 Nov 2013) akan "menukar" 200,000 KM lari di Team IndoRunners di endomondo, dengan komitmen CSR (Corporate Social Responsibility) senilai Rp. 2 Milyar dari dua perusahaan Tbk = BW Plantation dan Golden Retailindo. Saat ini pembicaraan untuk LUAS tahap kedua sedang berlangsung.
  • Rencana partisipasi di Jakarta Marathon (27 Oktober 2013).

Untuk para Newbie Runners, saya akan sharing beberapa tips lari di Facebook Group kapten Chubby secara berkala, termasuk TOP 3 Running videos dari youtube, dan, TOP 5 web-articles untuk lari berlari. 

Bila Team Kapten Chubby berhasil mengumpulkan Kilometer terbanyak sebagai group, saya akan ALIHKAN hak kapten untuk mendapatkan fully-paid trip ke Penang Bridge Marathon (November 2013) ke salah satu team member saya, dengan kriteria yang akan saya jelaskan setelah jalan nya program ini.



MOTTO lari team Chubby:

Run for Fun! Care to Share. (Mari Lari Peduli)

Apa artinya? 

..lari karena peduli.. peduli dengan kesehatan diri sendiri, sebagai langkah pertama yang mutlak. Walau saya chubby sejak lahir, saya selalu berusaha untuk aktif secara fisik, dan akhirnya 'nyangkut' dengan kegiatan lari berlari. Mengapa? Karena selain menghasilkan keringat, lari selalu memberikan ketenangan emosi dan kesenangan batin setelah selesai.

Untuk menyemangati diri terus berkeringat, saya sandingkan kegiatan amal sosial dengan lari, dan akhirnya lahir program LUAS (Lari Untuk Amal Sosial), yang semoga berkesinambungan, dan di masa depan akan memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat Indonesia yang lebih aktif dan peduli.

Intinya.. semua dimulai dari diri sendiri. Dan semua dimulai dengan langkah pertama melarikan diri.

Run for yourself first, and then run for other causes and/or other people.

Mari Lari Peduli!

Kapt. Chubby


No comments:

Post a Comment